Decision Support System (DSS) pada PT. Telkom Indonesia

telkom

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penerapan Sistem Pendukung Keputusan atau yang lebih dikenal dengan Decision Support System (DSS) pada PT. Telkom Indonesia.

          Decision Support System dapat digambarkan sebagai sebuah sistem yang dibangun lewat sebuah proses adaptif dari pembelajaran, pola-pola penggunan dan evolusi sistem serta digunakan untuk mendukung para pengambil keputusan manajerial dalam permasalahan yang bersifat semi-terstruktur maupun yang tidak terstruktur namun tidak untuk menggantikan peran penilaian mereka.

          Seperti yang kita ketahui, pada saat sekarang ini persaingan yang terjadi semakin ketat, tuntutan terhadap supply dan demand selalu berubah untuk setiap waktunya dan dalam periode yang cepat. Oleh karena itu PT. TELKOM membuat suatu aplikasi yang dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan yang cepat dan akurat yang diambil berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan. Aplikasi ini adalah Telkom e-service. 

   Aplikasi Telkom e-service berfungsi untuk membantu evaluasi pemilihan pengembangan suatu jaringan akses yang tepat yang akan dikembangkan oleh PT. Telkom. Selain itu, Telkom e-service juga berfungsi untuk menjaga hubungan baik antara PT. Telkom dengan customer yang nantinya akan memberikan saran-saran untuk mengembangkan bisnis PT. Telkom.

          Dengan menggunakan Decision Support System ini memberikan keuntungan bagi customer ataupun PT. Telkom sendiri. Customer dapat menyampaikan keluhan-keluhan ataupun saran-saran kepada PT. Telkom secara langsung dan PT. Telkom dapat lebih cepat untuk menanggapi keluhan-keluhan ataupun saran-saran dari customer tersebut, sehingga PT. Telkom dapat mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada.

Dipublikasikan oleh :
Elsya Moriesta (09031381720006)
Sistem Informasi Kelas Profesional 2017
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Sriwijaya (http://www.unsri.ac.id/)

Author:

Institut Pertanian Bogor, Program Keahlian Manajemen Informatika Universitas Sriwijaya, Sistem Informasi Kelas Profesional

Leave a comment