E-BUSINESS

Pengertian E-Business Menurut Para Ahli

Begitu banyak definisi tentang e-business yang terdapat dalam literatur dan internet. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)
  • E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall)
  • E-business adalah mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali digunakan salah satunya oleh IBM pada tahun 1997. (SearchCIO.com)

Sumber : http://xerma.blogspot.com/2014/04/pengertian-e-business-menurut-para-ahli.html

Dengan adanya beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai e-business, membuat kita sedikit lebih tau dan mengerti apa yang dimaksud dengan e-business. Dengan adanya kesamaan pelaku e-business, alat atau media yang digunakan, kegiatan yang menjadi sasaran, tujuan e-business serta keuntungan yang diberikan, kita juga dapat menggabungkan definisi tersebut sehingga menjadi suatu definisi yang lengkap. E-business adalah seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan serta mengelola proses bisnis menggunakan teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Contoh dari e-business adalah Bank Mandiri yang memiliki E-Banking Mandiri Online. Bank Mandiri menjalankan salah satu proses bisnis yaitu adanya transaksi. Saat ini transaksi yang akan kita lakukan tidak hanya secara langsung tetapi bisa juga melalui internet. Contoh transaksi yang bisa kita lakukan melalui internet adalah transaksi pembayaran tagihan air, transaksi pembayaran tagihan listrik, transaksi pembelian pulsa, dan masih banyak yang lainnya. (Ulasan)

  • Pelaku E-Business
  1. Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
  • Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
  1. Teknologi informasi dan komunikasi
  2. Komputer, data yang telah terkomputerisasi
  3. Internet
  4. Alat elektronik lainnya yang sudah maju pada jaman sekarang
  • Kegiatan Sasaran
  1. Kegiatan bisnis
  2. Proses bisnis utama
  3. Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
  4. Operasi bisnis utama
  • Tujuan
  1. Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
  2. Transformasi proses bisnis
  3. Sharing informasi
  • Keuntungan
  1. Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
  2. Memberikan nilai bisnis yang berbeda
  3. Efisien
  4. Peningkatan produktivitas dan keutungan

Sumber : http://pengertian-pengertian-info.blogspot.com/2015/05/pengertian-definisi-e-business-menurut.html

Dipublikasikan oleh : Elsya Moriesta

Program Diploma IPB (http://ipb.ac.id/)

Program Keahlian Manajemen Informatika Angkatan 50

Author:

Institut Pertanian Bogor, Program Keahlian Manajemen Informatika Universitas Sriwijaya, Sistem Informasi Kelas Profesional

8 thoughts on “E-BUSINESS

    1. kekurangan dari e-business adalah :
      1. Pencurian informasi rahasia.
      2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.
      3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
      4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
      5. Kerugian yang tidak terduga.

      Like

    1. perbedaan antara e-commerce dan e-business terletak pada tujuannya, e-commerce berorientasi pada perolehan uang (money oriented), sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.

      Liked by 1 person

Leave a comment